Minggu, 09 Oktober 2011

JAWABAN UAS MATA KULIAH PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR



JAWABAN UAS
MATA KULIAH PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR









NAMA :
 Hj. Siti Asiyah 
(Sitiasiyah66-UIA-sukabumi blogspot.com)
Nim : 5520100079

KELAS SUKABUMI
UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFIIYAH JAKARTA
TAHUN 2011





ULANGAN AKHIR SEMESTER
Nama                            : Hj. Siti Asiyah
NIM                                : 5520100079                                              
Kelas                             : Sukabumi
Dosen Pengampu        : Drs. Samsudin, M.Pd


JAWABAN UAS :   
1.Pengertian sumber belajar menurut  para ahli diantaranya :
a. Menurut Association Educational Comunication and Tehnology AECT (As’ari, 2007).    Sumber belajar yaitu berbagai atau semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar.
b.Sumber belajar menurut AECT (Suratno, 2008), Sumber belajar meliputi semua sumber yang dapat digunakan oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, biasanya dalam situasi informasi, untuk memberikan fasilitas belajar. Sumber itu meliputi pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan tata tempat.
c. Sudjana (Suratno, 2008), menuliskan bahwa pengertian Sumber Belajar bisa diartikan secara sempit dan secara luas. Pengertian secara sempit diarahakan pada bahan-bahan cetak. Sedangkan secara luas tidak lain adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar, baik secara langsung maupun tidak langsung
d. Edgar Dale (1969) seorang ahli pendidikan mengemukakan sumber belajar adalah segala   sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi belajar seseorang.

e. Ekowati (2001) mengatakan, memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar merupakan bentuk pembelajaran yang berfihak pada pembelajaran melalui penggalian dan penemuan (experiencing) serta keterkaitan (relating) antara materi pelajaran dengan konteks pengalaman kehidupan nyata melalui kegiatan proyek

- Dari pendapat para ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa sumber   belajar  adalah segala   sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi belajar seseorang baik berupa data , orang, wujud tertentu,  fasilitas lingkungan, juga penemuan  yang dapat digunakan  dan dimanfaatkan peserta didik untuk belajar.sehingga peserta didik dalam pembelajarannya pun tidak terpaku pada satu sumber belajar saja dan bisa menggunakan model model suatu pembelajaran PAIKEM dengan menggunakan berbagai sumber belajar .

2 .Sumber belajar ( learning resources ) adalah semua sumber baik berupa data , orang ,dan wujud yang dapat di gunakan oleh peserta didik dalam belajar , baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi .
Bahan ajar adalah segala sesuatu bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru /instruktor dalam melaksanakan kegatan belajar mengajar di kelas, bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.

- Jadi  perbedaan antara sumber belajar dan bahan ajar adalah sumber belajar     meliputi semua sumber termasuk yang ada di bumi  digunakan untuk kepentingan suatu pembelajaran. Contoh peserta didik dalam pembelajaran dengan menggunakan lingkungan alam sekitar atau dinamakan pembelajaran laboratorium alam terbuka. Sedangkan bahan ajar adalah  bahan yang akan di ajarkan kepada peserta didik baik  bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis, Contoh pembuatan pedoman bagi guru dalam merencanakan pembelajaran berupa silabus dan RPP sebelum mengajar kepada peserta didik supaya dalam pemberian materi sesuai yang diharapkan.

3. Prosedur merancang sumber belajar
Secara skematik, prosedur merancang sumber belajar dapat mengikuti alur sebagai berikut:
Langkah pertama mempelajari kurikulum. Sebelum guru menetukan sumber belajar yang akan digunakan, terlebih dahulu guru harus mempelajari silabus yang terdapat di dalam kurikulum mata pelajaran. Dalam silabus tersebut telah disebutkan standar kompetensi, kompetensi dasar, pokok bahasan materi pelajaran, kegiatan belajar yang akan dilakukan dalamn rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar, alat evaluasi, sumber belajar berupa buku teks dan alokaasi waktu yang -diperlukan untuk menyelesaikan  suatu pokok bahasan.
Langkah kedua menetapkan kompetensi siswa yang hendak dicapai. Kompetensi siswa yang hendak dicapai berupa kompetensi dasar dirumuskan dalam bentuk  indikator-indikator yang dijadikan tolok ukur bagi pencapaian kompetensi dasar tersebut. Berdasar indikator-indikator ini dirumuskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dalam kegiatan belajar mengajar setelah guru menyelesaiakn pelajaran dalam satu kali atau beberapa kali pertemuan.
Langkah ketiga memilih dan menentukan materi yang akan disajikan. Setelah guru menentukan kompetensi dasar dan merumuskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai berdasarkan indikator-indikator yang dijabarkan dari kompetensi dasar, maka langkah selanjutnya guru memilih materi pelajaran yang akan disajikan berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Materi pelajaran tersebut disusun berdarakan hierarchis tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh guru, dimulai dari level yang mudah sampai pada level yang sukar.
Langkah kempat, memilih dan menentukan jenis dan sumber belajar. Berdasarkan tujuan pembelajaran tersebut maka guru menentukan kegiatan belajar mengajar dan jenis serta sumber belajar yang akan digunakan dalam rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
Langkah kelima, mengembangkan sumber belajar. Selanjutnya guru  melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan jenis dan sumber belajar yang telah ditentukan dengan menggunakan berbagai metode yang dianggap relevan dengan tujuan yang akan dicapai.
Langkah keenam. mengevaluasi sumber belajar. Evaluasi sumber belajar adalah penilaian yang dilakukan guru terhadap pelaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan  jenis dan sumber belajar yang telah ditentukan, Dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dengan menggunakan jenis dan sumber belajar itu berhasil dengan baik.




4. Contoh RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Mata Pelajaran       : Sains
Kelas  / Semester              : V / I
Pertemuan  ke                    : I
Alokasi Waktu                    : 2 X 35 menit 
Standar Kompetensi        : I. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh Manusia dan hewan
Kompetensi Dasar            :1.1  Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
                                              1.2 Mengidentifikasikan fugsi organ pernapasan misalnya ikan dan 
                                                    cacing tanah
Nilai– nilai karakter Bangsa:   -  Religius, disiplin, tanggung jawab, mandiri, tekun, dan ketelitian
 Indikator                                 : - Menyebutkan bagian tubuh yang beperan sebagai Pernapasan
                                                   - Menjelaskan proses pernapasan pada manusia dan hewan
                                                   - Mendeskripsikan alat pernapasan hewan

I.Tujuan Pembelajaran       :
  - Siswa dapat menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
  - Siswa dapat menjelaskan proses pernapasan pada manusia dan hewan
  - Siswa dapat mendeskripsikan alat pernapasan hewan
II. Materi ajar                        :
Organ tubuh manusia dan hewan
Alat pernapasan manusia  yaitu rongga mulut,tekak, kerongkongan, paru – paru
Alat pernapasan hewan pada ikan yaitu insang. Insang pada ikan brjumlah 4 pasang. Dua pasang terletak di sebelah kanan kepala ikan , sementara 2 pasang lainnya di sebelah kiri.
Organ pernapasan cacing tanah yaitucacing tanah tidak mempunyai organ pernapasan khusus tetapi cacing tanah bernapas dengan melalui kulitnya cacing yang basah.
Didalam alat pernapasan manusia ada istilah nama diapragma, gelambir,pleura bronkus,alveolus, labiri, pundi-pundi, stgma.
III.Metode                             : -    Ceramah
-          Tanya jawab    
-          Demonstrasi
-          Latihan
-          Ekspositori
-          Penugasan
-          CTL
Model pembelajaran Numbered Heads Together
IV. Langka – langkah Kegiatan Pembelajaran
A.   Kegiatan Pendahuluan
-Guru dan siswa melakukan kegiatan religius dengan cara berdoa bersama secara  Ihklas
           -Guru mengecek  kehadiran siswa
B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
          - Guru menjelaskan peta konsep tentang alat pernapasan
          - Siswa dapat menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai alat   
             pernapasan dengan teliti dan tekun
         - Siswa dibagi dalam kelompok, setiap kelompok mendapat nomor dengan penuh 
           tanggung jawab

        - Guru memberikan tugas dan masing – masing kelompok mengerjakan

           Dengan penuh tanggung jawab
         - Guru memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan , studio, laboratorium 
            atau lapangan 
          Elaborasi
         - Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok 
            dapat mengerjakankannya / mengetahui jawabannya dengan teliti dan benar        
       - Guru memanggil salah satu siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja 
         sama mereka
       
       -Tanggapan dari teman lain , kemudian guru menunjuk nomor yang lain
        
       Konfirmasi
       -Guru bertanya jawab tentang hal – hal yang belum diketahui siswa
       -Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
         Penguatan dan penyimpulan

C.   Kegiatan penutup
Mengulang  proses pernapasan dan memberikan pekerjaan rumah
V. Alat / Sumber Belajar        
 -  Buku IPA BILINGUAL KLS V Hal. 3 s/d 12, KARANGAN ILMI HIKMAH DKK, PT YRAMA WIDYA
  - Alat                        : organ tubuh manusia , ikan, cacing, laboatorium alam terbuka, laptop
VI. Penilaian
  -Prosedur penilain: Post – test, pre –test
   -Jenis penilain       : lisan , Tulisan , Perbuatan
  - Bentuk penilaian : Uraian singkat
  
I. Jawablah pertanyan – pertanyaan di bawah ini ?
1. Sebutkan 3 alat pernapasan manusia
2. Jelaskan proses pernapasan pada ikan dan cacing !
3. Jelaskan istilah dari diafragma !
4. Apa fungsi batang tenggorokan ?
5. Mengapa manusia perlu bernapas ? Jelaskan !
              Kunci Jawaban
1.    Hidung, Faring, tenggorokan, paru – paru
2.    Proses pernapasan pada ikan dengan insang. Insang berjumlah 4 pasang. Dua pasang terletak di sebelah kanan kepala ikan sementara 2 pasang lainnya di sebelah kiri
Pada cacing bernapas dengan kulitnya terdapat di tempat yang lembab.
3.    Penyekat antara perut dan dada
4.    Untuk mengalirkan udara pernapasan menuju paru – paru
5.   karena manusia sangat memerlukan oksigen untuk bernapas, apalagi manusia sangat membutuhkannya udara yang bersih untuk dihirupnnya
5. Langkah yang harus dilakukan jika diangkat menjadi pemangku kebijakan bidang pendidikan:
a. Menentukan Visi dan misi pendidikan
b. Membuat Rencana Kerja jangka panjang dan jangka pendek
c. Membuat skala perioritas pencapaian rencana kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar